Sayur Gambas

Sering Dikenal Sayur Gambas Ternyata Sayur Oyong Punya Khasiat Menjaga Kesehatan Jantung..

Posted on

Sayur Gambas – Sayuran Ini Sering dikenal juga Sayur Oyong merupakan sayuran berbentuk oval yang memiliki banyak serat. Tak hanya itu, sayuran Hijau ini juga mengandung seng, mangan, zat besi, ribiflavin, dan magnesium. Sehingga tidak heran bila sayur oyong sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat sayur Gambas yang wajib kita ketahui.

Kurangi tingkat gula darah

Di beberapa negara, sayur ini diolah sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah. Bahkan sayuran oyong yang terbukti secara ilmiah dapat mengobati penyakit diabetes. Pasalnya, penderita diabetes melitus bisa mengonsumsi ekstrak dua biji oyong tua untuk menurunkan kadar gula darah.

Kesehatan jantung

Oyong mengandung vitamin B5 yang merupakan makanan sehat untuk jantung. Vitamin ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Dengan demikian, mengonsumsi sayur oyong dapat mencegah penyakit jantung.

Mengatasi anemia

Manfaat sayur oyong selanjutnya adalah untuk mengobati anemia. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada sayuran oyong berperan penting dalam produksi hemoglobin. Dimana hemoglobin sangat diperlukan bagi penderita anemia atau kekurangan sel darah merah.

Menjaga fungsi otak

Mengkonsumsi sayur oyong mempengaruhi kesehatan otak. Adanya zat besi pada sayuran oyong berperan penting dalam distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Demikian manfaat sayur oyong yaitu dapat membuat otak bekerja lebih maksimal.

Mengatasi migrain

Sayur oyong sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur, karena mengandung magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Magnesium dalam sayuran oyong dapat menjaga keseimbangan neurotransmiter dalam sel otak. Dengan demikian sayur oyong dapat membantu mengobati migrain pada seseorang.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan rutin mengkonsumsi sayur oyong dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Khasiat sayur oyong didukung dengan adanya vitamin C yang berperan dalam pembentukan otot, ligamen, kulit dan pembuluh darah. Dengan demikian proses penyembuhan luka akan berlangsung lebih cepat.

Meningkatkan imun tubuh

Yang tidak kalah pentingnya dari manfaat sayur oyong adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri menjadi lebih baik. Dengan demikian tubuh tidak akan mudah sakit.

Itulah beberapa manfaat sayur oyong bagi kesehatan yang jarang diketahui orang. Selain enak, sayur oyong juga mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan manfaat tersebut tentunya sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi sayuran tersebut, bukan?