Trading Syariah
Trading Syariah

Sebelum Belajar Trading Syariah Online Kenali Metodenya

Posted on

Trading Syariah Dalam Belajar Trading Syariah. Saat ini, ada banyak metode syariah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya tabungan syariah, hingga pasar keuangan yang juga menggunakan metode syariah, seperti saham dan reksa dana.

Sistem syariah ini muncul dari kepedulian masyarakat terhadap riba yang diperoleh dari bunga simpanan yang diberikan oleh bank. Nah bagi anda yang ingin memperbaiki kondisi keuangan anda dengan cara yang halal dan religi, anda bisa mencoba trading dengan saham syariah.

Belajar Trading Syariah Online

Karena transaksi yang dilakukan adalah jual beli seperti perdagangan yang terjadi di pasar. Dan untuk perdagangan saham tentunya dilakukan secara legal di pasar modal yang telah dikelola oleh lembaga keuangan negara. Saham sendiri merupakan muamalah yang halal karena termasuk dalam kegiatan syirkah.

Syirkah sendiri berarti perjanjian kerjasama antara dua orang atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak menyumbangkan dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan kerugian akan dibagi sesuai kesepakatan.

Jadi pada dasarnya saham syariah adalah surat berharga yang diperjualbelikan dengan prinsip dan nilai syariah. Namun, tidak semua saham yang dikeluarkan oleh emiten atau perusahaan publik dapat disebut sebagai saham syariah. Berikut ini adalah beberapa kriteria saham syariah sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh OJK:

Perusahaan atau kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Misalnya bukan perusahaan yang memproduksi miras, judi, rokok dan lain-lain. Rasio hutang berbasis bunga, artinya hutang ribawi dibandingkan dengan total aset yang dimiliki tidak boleh lebih dari 45%.Total pendapatan bunga atau pendapatan non-halal lainnya tidak boleh melebihi 10%.

Beberapa saham yang termasuk dalam kategori Syariah selalu dievaluasi oleh OJK setiap 6 bulan sekali, sehingga dipastikan ketentuan syariahnya terjamin dan tidak menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Tempat Transaksi Saham Syariah

Tempat transaksi segala jenis surat berharga tentunya dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). ba’i al-musawamah, ini adalah transaksi biasa atau perjanjian jual beli yang dilakukan dengan tawar menawar antara penjual dan pembeli. Dimana penjual tidak memberitahukan harga pokok penjualan beserta keuntungan yang diperoleh nantinya. Keuntungan Yang Di Dapat dari Saham Syariah:

Saham Yang Likuid Dan Termasuk Indeks LQ45

Ada beberapa indeks saham dalam LQ45 yang termasuk dan dikategorikan sebagai saham Syariah. Artinya adalah saham tersebut memiliki tingkat likuiditas yang bagus untuk diperdagangkan.

Keuntungan Didapatkan Dari Capital Gain dan Dividen

Lain halnya dengan saham Syariah yang diinvestasikan dalam jangka panjang, biasanya investor akan menerima dividen secara rutin setiap tahunnya dan diberikan oleh perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut.

Demikian penjelasan tentang Trading Syariah semoga bermanfaat terimakasih.