Sayur Sehat

Sayur Sehat – ┬áBit lebih banyak dikonsumsi oleh bagian umbi, padahal bagian buah bit lainnya seperti sayurnya tidak kalah baik untuk kesehatan. Seperti sayuran hijau lainnya, Sayur bit memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi sayur sehat yang melimpah menjadikan sayur bit menjadi bahan pangan bergizi tinggi yang baik untuk kesehatan.

Berikut berbagai manfaat sayur bit jika dilihat dari kandungan gizinya.

1. Mampu Membantu Proses Pembekuan Darah

Karena Bit juga termasuk dalam kategori sayur sehat, sayur ini juga kaya akan vitamin K. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah. Proses alami dalam tubuh ini berguna untuk menghentikan pendarahan saat ada luka atau robekan pada kulit. Kemampuan tubuh untuk menggumpal darah juga bisa menurunkan risiko kematian akibat pendarahan hebat.

2. Mampu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat sayur sehat bit selanjutnya adalah dapat menjaga sistem pencernaan. Makanan dengan serat tinggi dapat menjaga kesehatan usus. Serat juga telah terbukti memperbaiki pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan, terutama sembelit atau kesulitan buang air besar.

Sayur Sehat

3. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur bit adalah untuk menjaga kesehatan mata, karena sayur bit merupakan sumber vitamin A. Sayur bit mengandung karotenoid lutein dan beta karoten yang tinggi. Karotenoid diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A memiliki peran penting dalam penyerapan cahaya di batang dan kerucut retina.

4. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Sayur bit juga dipercaya berpotensi membantu menurunkan tekanan darah. Bit hijau mengandung nitrat dalam jumlah besar yang kemudian diubah menjadi senyawa oksida nitrat di dalam tubuh. Inilah yang membuat sayur bit dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Mampu Mencegah Anemia

Sayur bit merupakan salah satu sayuran yang dapat menjadi sumber zat besi terbaik. Asupan zat besi sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia, karena zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu sayur bit juga mengandung vitamin C yang tinggi dan tentunya tidak kalah pentingnya. Vitamin C memiliki beberapa peran di dalam tubuh, salah satunya membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.