Jenis SSD

Mengenal Jenis SSD Dari Generasi Pertama Sampai Terbaru

Diposting pada

Jenis SSD – Ruangan penyimpanan yang biasa dipakai pada komputer sekarang ini ialah HDD atau Hard Disk Drive. Tetapi, seiring waktu berjalan dan teknologi yang semakin berkembang, produsen komputer atau netbook mulai menukar teknologi ruangan penyimpanan produk mereka dengan suatu hal yang baru dan sanggup bekerja lebih bagus.

Supaya sebuah netbook sanggup memperlihatkan perform yang lebih bagus dan bisa lebih cepat, karena itu komponen yang dipakai didalamnya harus juga sanggup bekerja maksimal. Salah satunya sisi netbook yang cukup punya pengaruh pada performa perangkat itu ialah ruangan penyimpanan.

Ruangan penyimpanan komputer sekarang ini terdiri ke dua, yaitu type HDD (Harddisk drive) dan SSD (kompak state drive). Untuk sekarang ini, SSD ialah ruangan penyimpanan terbaik yang dapat kalian pilih.

Apa Itu SSD

Untuk mereka yang kerap ngotak-ngatik komputer tentunya telah mengenali apakah itu SSD. SSD ialah sebuah media penyimpanan data seperti HDD. Sekarang ini SSD telah banyak mulai dipakai, khususnya di komputer-komputer terkini yang mempunyai harga lumayan tinggi. Karena telah banyak dipakai, SSD ini telah banyak mulai di pasar. Bahkan juga, telah banyak SSD dari merk terbaik yang dapat kamu tentukan.

SSD terakhir bisa gantikan HDD di sejumlah netbook lama dan umumnya dilaksanakan oleh pemakai yang ingin membenahi dan tingkatkan kualitas kerja pirantinya itu. SSD adalah opsi ruangan penyimpanan tertipis yang ada di pasar.

Apa Sih Kelebihan SSD dibanding HDD?

Meskipun berperan sama, SSD dan HDD mempunyai beberapa ketidaksamaan. SSD dibikin dengan teknologi semakin maju hingga banyak memiliki keunggulan. Lantas apa beberapa kelebihan yang dipunyai oleh SSD?

1. Desain yang Lebih Tipis

Karena SSD dibikin tanpa komponen bergerak dalam dalamnya, karena itu perangkat ini tiba dengan design yang lebih kecil dan tipis. Dengan begitu, netbook yang memakai SSD bisa dibikin lebih tipis kembali hingga sanggup mengundang perhatian konsumen. Meskipun tipis, SSD sanggup bekerja lebih bagus dibandingkan HDD.

2. Bekerja Lebih Cepat

Netbook dengan SSD sanggup memperlihatkan perform yang bisa lebih cepat, seperti saat komputer sedang booting atau lakukan aktivitas multitasking. Hal tersebut karena SSD ini sanggup menulis dan membaca data bisa lebih cepat dibandingkan HDD. Netbook lama yang telah lemot dapat coba memakai SSD supaya performanya naik kembali.

3. Daya Tahan Kuat

Karena bentuknya yang dibikin semudah kemungkinan, SSD ini mempunyai ketahanan yang semakin kuat. Dan sekali karena mangkirnya komponen bergerak dalam dalam bodi SSD, perangkat ini sanggup bertahan dari bentrokan, jatuh, sampai temperatur yang ekstrim. Dengan begitu, SSD ini mempunyai periode gunakan yang semakin lama daripada HDD yang mempunyai komponen bergerak.

Dan karena SSD bekerja dalam diam, karena itu alat penyimpanan ini sedikit konsumsi daya battery, hingga komputer mempunyai waktu gunakan yang semakin lama (meskipun pada umumnya media penyimpanan pada komputer tidak begitu kuras daya) dan temperatur yang dibuatnya rendah (tidak cepat panas).

Apa Sih Kekurangan SSD ?

Keunggulan-keunggulan yang dipunyai oleh SSD tidak langsung hal tersebut prima. Bahkan juga karena keunggulannya itu, SSD jadi mempunyai kekurangan. Apa sajakah?

1. Kapasitas Kecil Namun Harganya yang Mahal

Kemampuan SSD paling besar yang kemungkinan dapat kamu dapatkan di pasar sekarang ini ialah 4 TB pada harga yang paling mahal. Supaya masih dapat dijangkau oleh tiap customer, SSD mempunyai kemampuan yang lebih kecil (di angka beberapa ratus GB) yang bisa diperoleh pada harga yang cukup dapat dijangkau.

2.Masa Pakai yang Bergantung Pada Data

Sebagai perbedaan, kemampuan HDD paling besar yang ada di pasar untuk pemakaian customer capai angka 14 TB sampai 80 TB. Tetapi kemungkinan kemampuan SSD akan semakin bertambah semakin besar di periode kedepan.

Karena hal itu, harga yang ditawari untuk sebuah SSD dapat seringkali lipat tambah mahal dibandingkan harga sebuah HDD dengan kemampuan yang serupa. Hal tersebut karena intinya oleh ongkos produksi yang tambah mahal. Walau begitu, SSD tawarkan kualitas yang lebih bagus.

Meskipun SSD mempunyai kekuatan dan ketahanan yang lebih bagus dibanding dengan SSD, SSD mempunyai kekurangan dari sisi usia penggunaan. Sebagai info, usia gunakan HDD yang bergantung dari hancur tidaknya cakram HDD didalamnya. Sementara usia gunakan SSD bergantung dari penggunaan write atau berapa banyak data bisa dicatat. Sementara untuk bacanya, tidak begitu punya pengaruh.

Misalkan, SSD 250 GB biasanya mempunyai periode gunakan data yang bisa dicatat dengan jumlah tertentu, seumpama 300 TB. Apabila sudah capai data catat capai 300 TB, karena itu SSD akan hancur. Ada banyak program yang memberi info masalah batasan data catat ini. Tetapi, menurut tulisan Michael Crider dari situs Howtogeek.com, umur SSD condong lebih bertahan lama dari sekedar prediksi optimal perolehan data yang bisa dicatat.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Check Bad Sector Pada Harddisk

Jenis SSD Berdasarkan Bentuk & Ukuran

SSD yang tersebar di pasar sekarang ini bisa diperbedakan berdasar wujud dan ukuran. Beberapa jenis SSD ini bisa dipakai untuk komputer, baik itu netbook atau desktop. Tetapi, ada pula SSD yang khusus dipakai untuk desktop saja. Berikut beberapa jenis SSD itu.

1. SSD 2.5 Inch

jenis ssd

Dapat disebut jika SSD 2,5 Inch ialah tipe SSD yang umum diketemukan saat ini. Ada beragam ketebalan drive dalam pola ukuran SSD 2,5 Inch ini. Bila kamu memasukkan ke netbook, kamu dapat ketahui berapakah ketebalan hard disk yang bisa diterima oleh netbook itu.

Wujud SSD 2,5 Inch ini pas kamu pakai untuk gantikan HDD netbook lamamu supaya performanya lebih bagus kembali. Contoh produk untuk SSD tipe ini ialah SSD WD Green 120 GB SATA. Bila kamu memerlukan HDD type 2,5 inch dan ingin ketahui merk yang lain menghasilkan SSD ini.

2. SSD mSATA

jenis ssd

SSD mSATA mempunyai wujud factor yang lebih kecil dari SSD standard dan direncanakan untuk dipakai dengan perangkat portabel yang mempunyai daya terbatas seperti netbook, tablet, dan notebook. SSD mSATA sudah dipakai dalam beragam produk komersil seperti pertanda digital, perangkat point-of-sale, kios retail dan printer multi-fungsi.

Ukuran SSD mSATA ini kurang lebih sebesar kartu nama. Kelebihan SSD mSATA selainnya memiliki bentuk yang kecil ialah konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan atau getaran, dan mempunyai kekuatan boot atau shutdown perangkat yang cepat. Contoh produk ini ialah SSD 850 EVO mSATA 1TB.

3. SSD M.2 SATA

jenis ssd

SSD M.2 SATA ini direncanakan untuk mendatangkan media penyimpanan yang bekerja tinggi dalam perangkat yang tipis dan mempunyai daya terbatas, seperti netbook ultrabook dan tablet. SSD tipe ini biasanya mempunyai ukuran yang lebih kecil dari SSD mSATA.

Wujud dan ukuran yang lain berikut yang disebutkan form faktor. Sederhannya, SSD mSATA ialah SSD dengan form faktor mSATA sementara M.2 ialah SSD dengan form faktor M.2.

Ada dua tipe SSD M.2 SATA ini, yang pertama ialah M.2 dua segi atau double-sided yang mempunyai ukuran 22 mm x 60 mm dan yang ke-2  ialah M.2 satu segi atau singgel-sided yang memiliki ukuran 22 mm x 80 mm. Ketidaksamaan ke-2  M.2 ini ada di kemampuannya (M.2 dua segi mempunyai kemampuan yang semakin besar). Contoh produk SSD M.2 SATA ialah Samsung 860 EVO Sata M.2.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Hard disk Eksternal Terbaik

4. SSD M.2 NVMe

jenis ssd

NVMe atau Non-Volatile Memori Kilat ialah sebuah standard atau prosedur komunikasi yang diperkembangkan khusus untuk SSD oleh supplier-vendor seperti Intel, Samsung, Sandisk, Dell, dan Seagate. Pada intinya, NVMe memungkinkannya memory flash untuk bekerja sebagai SSD langsung lewat antar-muka PCIe dibanding lewat SATA dan terbatasi oleh kecepatan SATA yang lebih lamban.

M.2 hanya sebuah factor wujud. M.2 drive dapat ada dalam versus SATA (seperti Crucial MX500 M.2 misalkan) dan versus NVMe (seperti Samsung 970 Pro). NVMe bekerja di semua bis PCIe yang memungkinkannya drive untuk bekerja bisa lebih cepat. Pokoknya, SSD NVMe ini betul-betul cepat bila dibanding type SSD yang lain.

Selainnya Crucial MX500 M.2, kamu bisa juga mendapati produk SSD NVME murah seperti ADATA M.2 NVME SX6000 atau yang mahal seperti Samsung 970 series.

5. SSD PCIe

jenis ssd

Seterusnya ada SSD PCIe yang memakai interface PCIe. PCIe adalah dari 4 factor wujud SSD. Pada umumnya, SSD berbasiskan PCIe mempunyai performa yang lebih bagus dibanding Seri ATA (SATA) berbasiskan server. Detail pola untuk perangkat berbasiskan PCIe diperkembangkan dan di-maintain oleh PCI Special Interest Grup (PCI-SIG).

Contoh produk untuk SSD PCIe ialah Intel Optane SSD 905P Seri. Selainnya wujud ini, Intel mempunyai type produk khusus yang langkah kerjanya serupa dengan SSD dan mempunyai form faktor M.2, yaitu Intel Optane Memori. Intel Optane Memori bekerja sebagai cache yang pekerjaannya percepat performa HDD.

Penutup

Itulah beberapa macam dari SSD menurut wujud dan ukuran yang tersebar di pasar. SSD ini bisa kamu pakai untuk membikin komputer lama jadi berasa bisa lebih cepat performanya. Cukup tukar HDD netbookmu sekarang ini dan ubahlah dengan SSD.

Meskipun kemampuan SSD lebih kecil dibandingkan dengan HDD, karena itu kamu dapat memaksimalkan HDD netbookmu dengan jadi media penyimpanan external (sesudah ditukar dengan SSD).

Baca Juga: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Pada Hardisk Komputer