Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 & 11

Diposting pada

Cara Mematikan Windows Defender – Windows defender merupakan salah satu antivirus yang merupakan bawaan dari windows yang berfungsi untuk melindungi komputer kalian dari segala serangan virus atau malware yang mungkin saja bisa merusak komputer anda. Meskipun antivirus ini sangat berguna untuk komputer kalian, tetapi sering kali windows defender ini membatasi akses kalian seperti menginstal program atau menyalin program dari device lain.

Oleh karena itu di dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mematikan windows defender. Cara ini tergolong sangat mudah kalian bisa secara cepat memahami cara ini oleh karena itu kalian harus membaca artikel ini secara fokus, berikut caranya.

Baca Juga: Cara Merekam Layar Pada Windows 10 Tanpa Perlu Instal Aplikasi

Cara Mematikan Windows Defender

Mematikan Windows Defender di Windows 10

Anda dapat mengaksesnya dengan membuka “Mulai -> Pengaturan -> Privasi & keamanan.” Pilih “Windows Security” atau “Windows Defender,” tergantung pada versi Windows Anda.

cara mematikan windows defender

Di Windows 10, Anda akan melihat opsi untuk mematikan opsi yang berbeda. Namun, jika Anda membaca deskripsi pengaturan, Anda akan menemukan masalahnya. Windows Defender hanya akan tetap tidak aktif untuk waktu yang singkat . Ketika mendeteksi bahwa sudah mati terlalu lama, itu akan secara otomatis hidup kembali. Ini berarti jika Anda ingin Windows Defender tetap dinonaktifkan, Anda harus terus menonaktifkan opsi ini setiap kali anda merestar windows Anda.

cara mematikan windows defender

Mematikan Windows Defender di Windows 11

Jika Anda menggunakan Windows 11, pengaturan yang sama ada, tetapi Anda harus melalui beberapa layar tambahan. Klik pada “Windows Security.”

cara mematikan windows defender

Pilih “Virus & Threat Protection.”

cara mematikan windows defender

Gulir hingga Anda melihat “Pengaturan perlindungan virus & ancaman”. Klik tautan “Kelola Pengaturan”.

Sekarang, alihkan berbagai opsi ke off, seperti yang Anda lakukan di Windows 10. Memang cukup sulit untuk masuk ke pengaturan, tetapi begitu Anda melakukannya, mereka akan terlihat mirip dengan Windows 10.

Juga, seperti di Windows 10, mematikan semuanya hanya sementara. Ini bagus jika Anda hanya perlu mematikan Windows Defender untuk sementara waktu tetapi tidak menyelesaikan tujuan akhir mematikan Windows Defender secara permanen.

Cara Mematikan Windows Defender Secara Permanen

Untungnya, ada cara untuk membuatnya agar Windows Defender tidak re-enable sendiri. Tidak terlalu jelas bagaimana melakukannya, tetapi begitu Anda mempelajari dasar-dasarnya, Anda akan dapat menyalakan dan mematikannya tanpa banyak masalah.

Ada dua cara Anda dapat menonaktifkan Windows Defender. Yang pertama adalah melalui registri, dan yang kedua adalah melalui jendela Local Group Policy. Biasanya, cara Local Group Policy sedikit lebih mudah dilakukan, tetapi Anda hanya dapat menggunakannya di Windows 10 dan 11 edisi Pro, Enterprise, dan Education.

Menggunakan Registry (Tersedia untuk SEMUA Pengguna)

Pertama, buka perintah Run dengan menekan Win+ R. Di kotak yang muncul, ketik regeditdan klik “OK.”

Catatan : buat cadangan registri Anda sebelum Anda membuat perubahan apa pun. Anda dapat melakukan ini dengan membuka Registry Editor, lalu menu “File”, dan memilih “Export.” Tempatkan salinan di tempat yang aman.

Registri sistem akan terbuka. Di sebelah kiri navigasikan ke folder berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE \SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender

Anda mungkin melihat folder setelah Windows Defender yang disebut “Manajer Kebijakan.” Jangan klik folder itu; sebagai gantinya, biarkan Windows Defender disorot seperti pada gambar berikut.

Di sisi kanan jendela Anda mungkin melihat file bernama “DisableAntiSpyware.” Jika Anda melakukannya, itu bagus! Jika tidak, kita harus membuatnya sendiri. Untuk melakukan ini, klik kanan di ruang kosong di sisi kanan jendela, buka “Baru”, lalu “Nilai DWORD (32-bit).”

Windows akan membuat file DWORD tanpa judul. Klik kanan file dan klik “Ganti nama,” lalu beri nama “DisableAntiSpyware.” Pastikan Anda memasukkan nama dengan sempurna!

Klik kanan file “DisableAntiSpyware” dan klik “Modify…”

Untuk mengaktifkan kebijakan yang menonaktifkan Windows Defender, setel data nilai ke “1” dan klik “OK.” Ini memberi tahu komputer bahwa kebijakan yang baru saja dibuat harus diaktifkan, dan Windows akan menonaktifkan Defender untuk Anda. Jika Anda ingin mengembalikan Windows Defender, kembalilah ke file ini dan ubah nilainya menjadi “0.” Ini menonaktifkan kebijakan dan memungkinkan Windows Defender berfungsi kembali.

Saat berikutnya Anda mencoba memuat Windows Defender, Anda akan melihat pesan kesalahan berikut yang mengatakan bahwa itu telah dimatikan.

Jika ada yang masih berjalan, tambahkan nilai DWORD berikut di lokasi folder berikut menggunakan proses yang sama seperti di atas:

  • DisableRealtimeMonitoring (Setel nilainya ke 1)
  • DisableRoutinelyTakingAction (Setel nilainya ke 1)
  • DisableAntiVirus (Tetapkan nilainya ke 1)
  • DisableSpecialRunningModes (Setel nilainya ke 1)
  • ServiceKeepAlive (Tetapkan nilai ke 0)

Anda mungkin juga perlu membuat tiga folder baru di bawah Windows Defender. Cukup klik kanan folder “Windows Defender”, pilih “New,” dan pilih “Key.” Tambahkan tiga Kunci baru yang disebut “Pembaruan Tanda Tangan,” “Perlindungan Waktu Nyata,” dan “Spynet.” Selanjutnya, tambahkan nilai DWORD berikut ke folder yang sesuai:

HKEY_LOCAL_MACHINE \SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Signature Updates

  • ForceUpdateFromMU (Tetapkan nilai ke 0)

HKEY_LOCAL_MACHINE \SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Real-Time Protection

  • DisableRealtimeMonitoring (Tetapkan nilai ke 1)
  • DisableOnAccessProtection (Tetapkan nilai ke 1)
  • DisableBehaviorMonitoring (Tetapkan nilai ke 1)
  • DisableScanOnRealtimeEnable (Tetapkan nilai ke 1)

HKEY_LOCAL_MACHINE \SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender\Spynet

  • DisableBlockAtFirstSeen (Tetapkan nilai ke 1)

Saat Anda berada di Peninjau Suntingan Registri, lihat peretasan registri yang berguna ini untuk pengalaman yang lebih optimal.

Baca Juga: Cara Split Screen Pada Windows 10/11

Penutup

Windows Defender dirancang untuk melindungi Anda sejak Anda mulai menggunakan Windows, tetapi Anda tidak harus menggunakannya jika tidak mau. Itulah mengapa ada baiknya untuk membiarkannya berjalan sampai Anda siap untuk menginstal sesuatu yang lain . Bahkan jika Anda sangat berhati-hati, kemungkinan besar Anda akan menemukan virus di beberapa titik. Memblokirnya jauh lebih mudah daripada mencoba menghapusnya. Meskipun Anda dapat menghapusnya tanpa antivirus , itu tidak mudah.