Daftar 5 SSD Terbaik Di 2022 Dijamin Device Kamu Makin Ngebut

Diposting pada

SSD Terbaik – SSD atau solid-state drive adalah jenis komponen yang ada pada laptop atau komputer, yang berfungsi untuk menyimpan data atau file – file yang telah disimpan oleh pengguna. Fungsinya sama saja seperti hard disk drive atau HDD, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada dua komponen tersebut, perbedaannya terdapat pada speednya SSD cenderung berjalan lebih cepat dari HDD.

Misalnya jika kalian menggunakan SSD dan menaru file sistem operasi pada SSD kalian, akan dipastikan sistem operasi anda akan berjalan lebih cepat, entah itu saat booting atau membuka program akan lebih cepat.

Perbedaan berikutnya terdapat pada komponen yang digunakan oleh SSD, jika HDD masih menggunakan piringan berupa disk yang mengandalkan magnet dalam operasinya. Berbeda dengan SSD, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak untuk patah atau berputar ke atas atau ke bawah. Dua komponen utama dalam SSD adalah flash controller dan NAND flash memory chips.

Karena SSD tidak memiliki komponen yang bergerak jadi bisa dipastikan bahwa SSD akan lebih awet dari pada HDD, jika HDD sangat rentan akan getaran atau benturan berbeda dengan SSD, SSD tidak memiliki kelemahan atas getaran atau benturan. Namun masalah utama pada SSD adalah harganya yang cenderung lebih mahal dari pada HDD.

Didalam artikel ini kami akan membahas beberapa SSD yang menurut kami adalah yang terbaik, Menemukan SSD terbaik untuk komputer atau laptop anda adalah  kunci jika anda menginginkan komputer atau laptop anda berjalan lebih cepat karena jika anda memiliki speed yang cepat pada device anda itu bisa meningkatkan produktivitas anda. Berikut daftar SSD terbaik

Baca Juga: Penyebab dan Cara Check Bad Sector Pada Harddisk

Daftar SSD Terbaik

1. Western Digital Black SSD SN750

SSD Terbaik

SSD terbaik yang pertama datang dari WD Black SN750 hadir dengan teknologi SSD terbaru yaitu NVMe, WD Black SN750 menjanjikkan performa yang cukup cepat yaitu Sequential Read hingga 3470MB/s dan juga performa Sequential Write hingga 3000MB/s. Namun ini adalah sebuah peningkatan yang terbilang tipis dari generasi sebelumnya. WD Black SN750 ini juga memiliki banyak pilihan kapasitas hingga 2TB, bahkan juga tersedia versi yang menggunakan heatsink sebagai pendingin.

Disamping itu, WD Black SN750 dapat menjadi jawaban untuk kamu yang masih memakai HDD. Untuk kamu yang memakai SSD SATA, sudah pasti masih worth it karena WD Black SN750 tawarkan perform yang menarik. Disamping itu, WD Black SN750 mempunyai software sebagai simpatisan performnya. Harga dari SSD ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 700,000 untuk varian 250GB.

2. Samsung 970 EVO PLUS

ssd terbaik

Samsung 970 EVO Plus hadir dengan spesifikasi NAND Memory Flash 96-layer Samsung V-NAND 3bit MLC/TLC. Perpaduan antara chip 96-layer V-NAND 3-bit MLC yang dipadankan dengan kontroler Samsung Pheonix mampu menyodorkan performa sequential read dan write tinggi yang mencapai hingga 3500 MB/s dan 3200 MB/s. Hal tersebut juga tak lepas dari dukungan protokol NVMe serta konektor M.2 dengan antarmuka PCI Express 3.0 x4 (theoretical bandwidth 3940 MB/s) yang digunakan SSD ini.

Selain menawarkan spesifikasi yang tinggi, Samsung 970 EVO Plus 500 GB ini tidak mengalami perubahan pada daya tahannya yang mencapai hingga 300 TBW, sama seperti Samsung 970 EVO dengan kapasitas yang sama.  Samsung 970 EVO Plus untuk saat ini baru tersedia dalam tiga pilihan kapasitas, mulai dari 250 GB, 500 GB dan 1 TB. Harga dari SSD Samsung 970 Evo ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 1,000,000 pada varian 500Gbnya.

3. SSD Adata XPG SX8200 Pro

SSD Terbaik

SSD Adata XPG SX8200 Pro memberikan performa yang paling kencang di kelasnya dengan harga yang cukup kompetitif. SSD M.2 NVMe 2280 ini mampu menghasilkan kecepatan write sampai dengan 2910,79MB/s dan read 3454,23MB/s. Pada umumnya, SSD Adata XPG SX8200 Pro 1TB ini menawarkan performa yang paling kencang pada kelasnya dan dipasarkan pada harga yang lebih bersaing bila dibanding kompetitornya. Adata XPG SX8200 Pro 1TB ini sangat pas untuk gamer, tech entusiast, dan siapa yang memerlukan perform kuat untuk PC desktop atau netbooknya.

Adata XPG SX8200 Pro ini dilengkapi dengan aplikasi pendukung yang dapat diunduh melalui website resminya, yakni Adata SSD Toolbox yang berfungsi untuk mendeteksi adanya masalah atau tidak pada SSD tersebut. Harga Adara XPG SX8200 Pro ini dibanderol mulai dengan Rp 615,000 dengan varian 250GB

 

4. Corsair Force MP600

SSD Terbaik

Dengan evolusi standar baru PCIe x4 dimulailah kompetisi baru yang dimulai dari komponen SSD di mana Corsair langsung memperkenalkan produk SSD terkini, Force Seri Gen.4 PCIe MP600 NVMe M.2 SSD. SSD satu ini benar-benar gunakan kelebihan PCIe x4 yang mana mampu capai kecepatan baca 4,950MB/s dan tulis 4,250MB/s yang pada angkatan PCIe awalannya sekitaran di 2500-3000MB/s tergantung read atau write yang menunjukkan ketidaksesuaian. MP600 juga dilengkapi dengan heatsink aluminium area permukaan tinggi, membantu mempertahankan kinerjanya bahkan di bawah beban berat. saat idle load tercatat pada kisaran 50-60 Derajat.

Dengan desain simpel untuk instalasi mudah dan proses heatsink untuk menguatkan perform Force Seri MP600 yang memiliki macam 1TB dan 2TB akan sesegera isi barisan komponen angkatan 2019. Untuk harga Force Seri Gen.4 PCIe MP600 2TB NVMe M.2 SSD dibandreol dengan harga Rp. 2,500,000 untuk varian yang 1TBnya.

5. Kingston NV1

 

SSD Terbaik

Kingston NV1. sudah menggunakan interface NVMe (Non Volatile Memory Express), teknologi terbaru yang diusung oleh SSD ini akan memberikan bakal kencang. Form factor yang digunakan oleh NV1 tentu saja menggunakan M.2 2280 PCI-e 3.0 x4. Kingston sendiri menjanjikan kinerja hingga 2100 MB/s. Dan SSD yang satu ini sudah bisa dipasangkan pada laptop serta desktop masa kini.

Kingston memberi garansi tiga tahun untuk SSD yang ini. Disamping itu, garansi yang diberi akan akan terpenggal oleh TBW (TeraByte Written) yang ditetapkan . Maka, garansi akan usai apabila sudah kepakai lebih dari tiga tahun.  Kingston memberikan janji bahwa SSD ini akan mempunyai kecepatan 35x lebih kuat dibanding dengan sebuah hard disk SATA . Maka, telah terpikir bagaimana kencangnya sebuah computer bila menukar dari HDD ke Kingston NV1. Tetapi, Anda harus memeriksa lebih dulu apa perangakat yang dipakai mempunyai support pada NVMe atau mungkin tidak. Untuk harga dari SSD Kingston NV1 ini dibanderol dengan harga Rp859.000 untuk varian 500GB.

Penutup

Memilih SSD terbaik memang tergolong cukup sulit pasalnya SSD ini memiliki beberapa varian yang cukup membuat anda pusing, saran saya anda bisa saja mengambil SSD yang paling murah dari daftar diatas jika memang keperluan anda hanya ingin mengupgrade HDD dari SSD saja, apalagi device yang kalian gunakan hanya sebuah laptop yang anda operasikan hanya untuk bekerja atau bermain game yang tidak terlalu berat.

Ambillah varian SSD dengan kapasitas 250GB dan anda tempatkan SSD tersebut untuk menyimpan OS saja, itu sudah cukup membuat kinerja anda berjalan lebih lancar.

Baca Juga:  Penyebab Motherboard Rusak, Cek Disini Untuk Cara Mengatasinya