Cara Split Screen Pada Windows 10/11

Diposting pada

Cara Split Screen Pada Windows – Membagi layar komputer menjadi beberapa bagian adalah cara ampuh untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas yang membutuhkan akses ke dua aplikasi atau lebih secara bersamaan, Fitur yang dikeluarkan oleh Windows 10 ini sangat berguna karena kalian tidak perlu membuka aplikasi secara bergantian.

Misalnya anda ingin mengetik sebuah artikel, Anda bisa langsung membaca bahan yang anda peroleh dari sebuah web dan langsung anda tulisan ke aplikasi seperti Microsoft Word atau Google Docs secara langsung tanpa harus berganti gantian.

Menggunakan fitur pembagi tampilan atau disebut juga dengan “split screen” pada Windows 10 pun tak memerlukan pengaturan khusus untuk menggunakan fitur ini dan fitur ini pun bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Jika belum bisa menggunakannya atau belum tau, maka kamu didalam artikel ini kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas beberapa cara yang bisa digunakan untuk memakai fitur tersebut untuk membagi layar bahkan hingga empat bagian.

Sebenarnya melakukan split screen pada windows 10 atau 11 tidak terlalu sulit hanya saja ada tahap-tahap yang harus Anda ikuti, untuk penjelasannya saya akan jelaskan dibawah ini.

Baca Juga:Cara mudah mengembalikan file yang terhapus di pc atau laptop

Cara Split Screen Pada Windows

Ada beberapa cara untuk split screen pada windows untuk cara dan tahapnya saya akan bagikan sebagai berikut:

Menggunakan Kursor

cara untuk split screen pada windows

1. Buka aplikasi yang ingin kalian split screen

2. Arahkan kursor pada bagian title bar (baris atas yang sejajar dengan tombol minimize dan close) dari aplikasi tersebut

3. Klik dan tahan pada mouse atau touchpad

4. Tarik aplikasi ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan hingga ukurannya menjadi separuh layar

Selain menarik aplikasi ke kanan atau ke kiri, anda juga dapat mengarahkannya ke sudut-sudut layar lainnya jika anda ingin membagi tampilan komputer menjadi empat bagian. Hanya saja anda memerlukan layar laptop/ komputer yang besar, karena jika tidak layarnya akan terlalu kecil untuk anda lihat

Setelah berhasil mensplit screen aplikasi ke salah satu bagian, kamu selanjutnya bisa menempelkan aplikasi lain ke sisi berbeda. Yang mana dalam hal ini, kamu dapat menggunakan cara yang sama atau memakai fitur Snap Assist yang tertanam secara bawaan pada Windows 10. Untuk cara menggunakan Snap Assist saya akan jelaskan dibawah ini.

Menggunakan Snap Assist

cara untuk split screen pada windows

1. Buka semua aplikasi yang ingin kalian split screen

2. Letakan salah satu aplikasi pada sisi tertentu dengan menggunakan cara sebelumnya

3. Jika berhasil, nantinya akan muncul beberapa thumbnail aplikasi lainnya

4. Klik thumbnail dari aplikasi yang ingin displit screen selanjutnya

cara untuk split screen pada windows beriktunya adalah menggunakan Snap Assist adalah fitur pembantu yang akan muncul saat pengguna berhasil mensplit screen sebuah aplikasi ke sisi tertentu pada tampilan layar komputer jika masih ada ruang yang masih bisa digunakan. Dengan hadirnya fitur ini, seluruh aplikasi yang kalian buka di komputer kalian akan menjadi thumbnail untuk menjalankannya di sisi lain sehingga kamu tak perlu mengulang langkah yang sama berulang kali untuk membagi layar.

Fitur pembagi layar di Windows 10 menariknya tak hanya mendukung pengoperasian menggunakan kursor. Jika mouse atau touchpad di komputer sedang eror, kamu pun bisa memakai pintasan tombol keyboard untuk mengaturnya untuk penjelasannya akan saya jelaskan dibawah ini.

Menggunakan Keyboard

1. Buka jendela aplikasi yang akan kalian split screen

2. Klik tombol Windows + Arah secara bersamaan untuk menyesuaikan letak aplikasi yang kalian ingin split screen

3. Ulangi pada aplikasi yang ingin dipasang selanjutnya atau gunakan fitur Snap Assist untuk memudahkan kalian.

Pada dasarnya, menggunakan pintasan tombol keyboard untuk mengatur tampilan layar komputer menjadi beberapa bagian sama seperti metode sebelumnya. Kamu dapat mengarahkan letak jendela aplikasi ke lokasi yang  kamu inginkan dengan menekan tombol Windows + Arah yang sesuai.

Sebagai contohnya, kamu bisa menekan tombol Windows + Arah Kanan kemudian Windows + Arah Atas untuk menggeser aplikasi ke pojok kanan atas layar dan membagi tampilan menjadi empat bagian.

Yang tak kalah menarik, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran jendela aplikasi dengan menarik pembatas yang terletak ditengah-tengahnya. Secara lebih rinci, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut jika ingin mengaturnya.

Mengatur Ukuran Jendela Aplikasi di Fitur Snap

1. Ketika layar sudah terbagi menjadi dua bagian, arahkan kursor ke garis tengah

2. Setelah kursor berubah menjadi ikon panah dua sisi, klik lalu tahan

3. Tarik garis ke arah kanan atau kiri sesuai dengan kebutuhan

Kamu dalam hal ini bisa menarik garis ke kanan untuk memperluas tampilan jendela aplikasi sebelah kiri. Sebaliknya, kamu dapat menggesernya ke kiri jika ingin memperlebar bagian kanan.

Ukuran jendela dari kedua aplikasi secara umum akan berubah mengikuti garis tersebut. Hanya saja berdasarkan pengalaman saya, hal tersebut bisa saja tidak berlaku pada beberapa jenis aplikasi.

Selain itu, kamu pun tidak bisa memanfaatkannya untuk mengubah ukuran secara otomatis jika layar terbagi menjadi empat bagian. Sehingga saat memerlukannya, kamu harus mengatur jendela aplikasi satu per satu.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 & 11

Penutup

Dengan mengetahui cara split screen pada windows saya pastikan kalian akan mengalami kemudahan dalam melakukan segala aktivitas pada komputer anda, selain itu juga efesiensi dan kinerja anda dipastikan akan bertambah.