Cara Merekam Layar Pada Windows 10 Tanpa Perlu Instal Aplikasi

Diposting pada

Merekam Layar Pada Windows 10 – Jika Anda ingin merekam layar pada windows 10 sebenarnya Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain seperti OBS, Ease US, atau pun Share X karena pada Windows 10 sudah terdapat aplikasi bawaan yang dapat kalian gunakan untuk merekam layar pada laptop Anda tersebut.

Sebenarnya pada Windows 10 dan Windows 11 keduanya memiliki program perekaman layar bawaan sebagai bagian dari alat Xbox Game Bar, dan menggunakannya sangat mudah, bahkan jika Anda ingin merekam aktivitas Anda di aplikasi non-game sekalipun. Namun, Game Bar ini memiliki beberapa keterbatasan, karena ia hanya dapat merekam layar satu aplikasi karena fokus pada program ini adalah merekam layar saat kalian bermain game.

Jadi gunakan metode lain seperti OBS untuk perekaman layar jika Anda melakukan sesuatu yang lebih kompleks daripada hanya menangkap satu aplikasi pada suatu waktu. Di bawah ini, kami akan menunjukkan cara merekam layar pada Windows 10 atau Windows 11 , menggunakan Xbox Game Bar.

Baca Juga: Cara Split Screen Pada Windows 10/11

Merekam Layar Melalui Xbox Game Bar

Terdapat pada Windows 11 dan Windows 10, Xbox Game Bar memiliki sejumlah fitur, termasuk pemantauan CPU dan GPU. Namun, fitur yang paling berguna adalah kemampuannya untuk merekam layar pada Windows 10 ataupun 11, dan menghasilkan format MP4.

XBox Game Bar juga dapat berfungsi dengan baik di aplikasi lain seperti Chrome seperti halnya di Game, tetapi hanya berfungsi dalam satu aplikasi pada satu waktu dan tidak dapat menangkap desktop Windows atau File Explorer. Untuk aktivitas tersebut, Anda harus menggunakan alat lain seperti OBS, berikut cara merekam layar pada windows 10 menggunakan Xbox Game Bar.

1. Klik aplikasi yang ingin Anda rekam.

2. Tekan Tombol Windows + Alt + R untuk memulai merekaman layar. Widget pmerekaman ini memang cukup kecil, dan petunjuk berapa lama Anda telah merekam muncul di suatu tempat di layar, kemungkinan besar di sudut paling kiri. Atau Anda juga bisa meluncurkan Xbox Gamebar (Windows Key + G) dan kemudian widget untuk perekam layar tersebut ada di pojok kanan, tetapi pintasan keyboard  sebelumnya jauh jauh lebih sederhana.

Cara merekam layar pada windows 10

3. Tekan Tombol Windows + Alt + R lagi untuk menghentikan perekaman layar. Anda juga dapat menekan tombol stop pada widget dan  Anda akan mendapatkan peringatan yang mengatakan “Game clip recorded”. Jika Anda mengkliknya, Anda akan masuk ke bagian Galeri aplikasi Gamebar dan dapat melihat pratinjau video yang Anda ambil. Anda juga dapat menemukan file MP4 yang Anda rekam di bawah folder Videos/Captures Anda.

Setting Xbox Game Bar

Jika kalian kurang puas dengan kualitas atau merasa ada yang kurang pada konfigurasi bawaan pada perekam layar ini, anda dapat mengubahnya juga, dan ada beberapa opsi pilihan yang dapat anda ubah. Untuk mengubahnya anda perlu melakukan ini :

Pergi ke Navigate to Settings->Gaming->Captures.

cara merekam layar windows 10

Fitur yang terdapat pada Xbox Game Bar pun bervariatif seperti :

  • Panjang maksimum perekaman: Jumlah waktu setelah perekaman layar akan mati secara otomatis. Saya sarankan membiarkan ini pada default dua jam.
  • Tangkap audio saat merekam: Secara default, ini merekam suara dari mikrofon Anda dan game itu sendiri, tetapi tidak menyertakan suara latar dari Windows atau aplikasi Anda yang lain. Anda dapat menonaktifkan perekaman audio seluruhnya atau mengaktifkannya untuk merekam suara sistem atau mengubah keseimbangan.

Tangkap audio

  • Frame rate : default ke 30 fps, tetapi Anda dapat mengubahnya ke 60 fps.
  • Kualitas video : pilih standar atau tinggi.
  • Tangkap kursor mouse saat merekam game: Saya sarankan membiarkan ini diaktifkan, terutama jika Anda merekam aplikasi yang bukan game.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 & 11

Penutup

Itulah cara merekam layar pada windows 10, memang aplikasi Xbox Game Bar ini jauh dari kata sempurna untuk aplikasi perekam layar namun aplikasi ini memang bukan diciptakan untuk merekam keseluruhan layar pada laptop anda melainkan hanya untuk difokuskan kepada game. Mungkin aplikasi ini akan sangat berguna untuk kalian yang tertarik merekam montage-montage pada sebuah game.