Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk, Dijamin Mudah !!!

Diposting pada
Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk – Sebenarnya menginstal Windows 10 pada laptop/komputer anda tidak terlalu sulit, anda tidak perlu membawanya ke tempat service komputer, hanya bermodal flashdisk sebenarnya anda sudah bisa langsung menginstal Windows 10 tanpa harus meminta tolong orang lain.
Sebenarnya meningstal Windows 10 ini tidak memakan waktu berjam – jam apalagi laptop kalian harus ditinggal di tempat service tersebut, kalian hanya akan mengabiskan waktu puluhan menit saja untuk menginstal Windows 10 ini. Namun ada hal yang harus kalian perhatikan dalam penginstalan Windows pada laptop/komputer anda, seperti menghubungkan laptop anda pada charger agar saat proses instalasi berjalanan, laptop anda tidak mati mendadak akibat kehabisan baterai.
Untuk metode penginstalan Windows 10 pada artikel ini adalah menggunakan flashdisk sebagai proses instalasinya, karena menggunakan flashdisk adalah cara paling cepat untuk menginstal Windows dibandingkan menggunakan DVD. Untuk cara menginstalnya kalian dapat simak dibawah ini.

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Flashdisk Agar Data Tidak Hilang 

Disini kami akan memberikan cara menginstal Windows 10 yang aman agar file/data anda tidak akan hilang saat diinstal ulang.

1. Siapkan Flashdisk Untuk Media Instalasi

Sebelum melakukan instalasi Windows 10, kamu perlu menyiapkan flashdisk untuk menjadi media instalasi. Caranya kalian dapat simak dibawah ini.

1. Pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload tool untuk instalasi melalui Web langsung dari Microsoftnya.

2. Simpan tool hasil downloadan kalian di laptop/PC kamu.

3. Kemudian, hubungkan flashdisk yang akan kalian gunakan ke PC atau laptop kalian. Sebaiknya kalian gunakan flashdisk kosong yang kosong. 
4. Lalu, buka file yang kalian download sebelumnya dengan klik kiri dua kali.
5. Pilih ‘Yes’ saat kamu diminta konfirmasi menginstalan tool tersebut.
6. Lalu, nantinya akan muncul jendela yang berisi persyaratan lisensi. Untuk melanjutkannya, kamu bisa klik ‘Accept’pada pojok kanan.
7. Nantinya kalian akan diberi 2 pilihan ingin langsung menginstal windows kalian atau membuat instalasi tersebut melalui flashdisk, karena anda ingin membuat flashidks sebagai media instalasi, maka pilih ‘Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC’. Lalu, klik ‘Next’.
8. Pada halaman selanjutnya kalian akan diberikan pilihan seperti language, edition, dan architecture. Pilihlah sesuai kemauan anda namun pada kolom architecture kalian harus menyesuaikannya untuk laptop anda. Karena jika tidak sesuai akan dipastikan laptop anda akan mengalami kerusakan untuk mengeceknya anda dapat baca disini.
Jika sudah mengaturnya kalian dapat klik ‘Next’.
9. Setelah itu pilih USB Flash Drive, karena disini kita akan menggunakan flashdisk untuk menginstal windows tersebut.
10. Pilih flashdisk yang akan kalian gunakan, kemudian klik ‘Next’.
11. Terakhir, klik ‘Finish’.
Tunggu hingga penginstalan Windows 10 pada flashdisk anda selesai. Lama atau cepatnya kalian tergantung pada jaringan internet dan ukuran data yang akan di install. Jadi pastikan internet yang kamu gunakan cepat.

2. Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk

Jika proses pembuatan media instalasi pada flashdisk sudah selesai, kamu dapat melakukan instal Windows 10. Berikut cara instal windows 10 dengan flashdisk.

1. Hubungkan Flashdisk dan Masuk ke BIOS

Hubungkan flashdisk yang sudah kalian ubah menjadi media instalasi ke laptop atau komputer kalian. Nyalakan komputer/laptop sambil kalian pencet tombol F2. Setelah masuk BIOS, maka kalian pilih menu Boot dan ubah flashdisk menjadi nomor 1.
Jangan lupa kalian save dengan memencet tombol F10
Setelah kalian menjalani proses diatas laptop kalian akan langsung meresetar ulang dan akan masuk ke halaman seperti dibawah ini.
Nah pada halaman ini kalian diminta untuk memilih bahasa, jika sudah selesai kalian pencet ‘Next’.

2.Masukkan Product Key

Klik intsal now dan masukan product key. Namun, jika kalian tidak memilikinya klik saja tulisan ‘I don’t have product key’.

3. Menu Persyaratan Lisensi

Kemudian kalian akan masuk ke menu persyaratan lisensi. Jika kalian ingin melanjutkan, maka centang kotak ‘ I accept license term’ dan klik ‘Next’

4. Kosongkan Partisi di Disk

Nantinya akan muncul semua daftar partisi drive di dalam halaman tersebut, bisanya disk C ditempatkan sebagai Drive O, sehingga hapus semua Drive O dengan klik Deleter satu persatu.

5. Tunggu Penginstalan

Setelah itu komputer/laptop anda akan meminta di resetar

6. Tahap Akhir Penginstalan

Nantinya kamu akan diminta product key lagi pada tahap ini kalian bisa klik ‘Do This Later’ kemudian klik ‘Next’

Kemudian pilih ‘I own it’ dan pilih ‘Next’

Selanjutnya buat akun untuk komputer anda. Masukan username,pasword, dan hint pasword sebagai pengingat. Setelah itu klik ‘Next’

Tunggu sampai proses selesai.

Setelah itu, selamat kalian sudah berhasil menginstal Windows 10, mudah bukan ?

Penutup

Menginstal Windows pada laptop/komputer sebenarnya bukan hal yang kalian perlukan adalah memperhatikan semua tahapan di atas secara hati hati, jangan sampai ada hal yang terlewati sedikitpun.

Baca Juga: Cara Split Screen Pada Windows 10/11