Kotoran telinga

Kotoran Telinga Kotoran telinga umumnya ditemukan di telinga bagian dalam.Kotoran telinga ini berfungsi untuk melindungi telinga dari bakteri telinga dan partikel atau organisme lain yang dapat merusak area sensitif ini.

Selain itu, minyak yang terdapat di telinga berfungsi sebagai pelumas alami untuk telinga dan saluran telinga. Banyak orang salah dalam cara membersihkan kotoran telinga alih-alih menjadi bersih malah bisa menimbulkan infeksi nantinya

Tetapi ada saatnya ia terakumulasi dalam jumlah besar. Situasi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi beberapa orang.

Selain itu, dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti iritasi, pusing, kehilangan pendengaran, perasaan ada sesuatu yang tersangkut di telinga, dan gatal-gatal.

Itulah mengapa disarankan untuk membuang kotoran telinga secara berkala.

Penyebab Kotoran Telinga Menumpuk

Sebelum kita membahas tentang cara menghilangkan kotoran telinga berlebih di rumah, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan ketidaknyamanan dari penumpukan kotoran telinga anda.

Kotoran dapat mengganggu atau mengiritasi saat terbentuk menjadi penyumbatan di dalam saluran telinga.

Penyumbatan ini biasanya terjadi saat anda menggunakan penyeka kapas seperti cutton bud secara teratur untuk membersihkan telinga.

Penggunaan cutton bud memaksa kotoran didorong lebih dalam ke dalam saluran telinga dan menumpuk, yang membuat kotoran telinga lebih sulit dikeluarkan.

Mengutip Step to Health, ketika seseorang sering memakai penutup telinga atau headphone earbud juga berisiko lebih tinggi mengalami penumpukan kotoran yang berlebihan.

Gejala Kotoran Telinga Banyak

Jika terdapat terlalu banyak kotoran yang menumpuk di telinga, anda akan mengalami beberapa gejala, seperti:

Gatal di dalam liang telinga, merasa telinga anda penuh atau dicolok, pusing, telinga berdenging, drainase yang berasal dari liang telinga, pendengaran berkurang dan sakit telinga.

Cara Membersihkan Kotoran telinga

Untuk menghindari penderitaan akibat penumpukan kotoran yang berlebihan di atas, anda harus membersihkannya secara teratur dan membuang sebagian kotoranĀ  agar tidak menyumbat.

Hindari penggunaan cutton bud atau penyeka lainnya, dan sebagai gantinya cobalah pengobatan rumahan berikut untuk menghilangkan kotoran telinga.

Dengan menggunakan bahan alami, simak 5 cara menghilangkan kotoran telinga, seperti mengutip dari Step to Health, Kamis (17/12/2020):

Larutan garam

Larutan garam adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan kotoran .

Pertama, anda harus melarutkan satu sendok teh garam (7,5 g) ke dalam Ā½ cangkir air (100 ml).

Kemudian rendam bola kapas ke dalam larutan dan biarkan beberapa tetes jatuh ke telinga anda saat anda memiringkan kepala ke satu sisi.

Tahan posisi ini selama beberapa menit agar cairan menembus liang telinga dan melembutkan kotoran telinga.

Kemudian miringkan kepala anda ke arah yang berlawanan dan gunakan tisu untuk menangkap cairan saat keluar.

Minyak parafin

Salah satu obat alami yang paling aman dan efektif juga mudah dijumpai untuk menghilangkan kotoran adalah minyak parafin, minyak ini umumnya dijual disebagian besar apotek.

Caranya, panaskan dua hingga tiga sendok makan minyak ini di atas nyala lilin.

Teteskan beberapa tetes di telinga anda dan berbaring diam selama beberapa menit.

Kemudian gunakan air hangat untuk membilas sisa lilin. Lakukan ini selama tiga hari berturut-turut untuk menghilangkan penumpukan sepenuhnya.

Hidrogen peroksida

Campurkan hidrogen peroksida dengan air dalam jumlah yang sama. Pastikan hidrogen peroksida adalah variasi kekuatan 3% yang tersedia secara komersial.

Tempatkan beberapa tetes di telinga anda dan gelengkan kepala anda dengan lembut untuk membiarkannya menembus liang telinga.

Biarkan tetesan selama beberapa menit sebelum memiringkan kepala ke sisi berlawanan saat cairan keluar.

Gliserin

Gliserin adalah produk alami yang membantu melembutkan kotoran telinga agar mudah dikeluarkan.

anda dapat membelinya di apotek dan menggunakan empat tetes di setiap telinga, tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

Larutan cuka dan alkohol

Campurkan cuka putih dengan perbandingan yang sama dan alkohol gosok dalam mangkuk kecil.

Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan beberapa tetes ke setiap telinga.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan bagus lainnya yang membantu melembutkan kotoran dan memudahkan pembuangannya.

Taruh dua atau tiga tetes minyak zaitun di telinga yang sakit sebelum tidur, dan cobalah untuk tidur di sisi berlawanan.

Ulangi perawatan ini selama tiga atau empat malam berturut-turut.