telor bebek

Telor Bebek – Telur adalah bagian penting dari makanan dan digunakan oleh banyak industri makanan untuk membuat produk telur.Di seluruh dunia, pasar unggas didominasi oleh telur ayam.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, telur bebek mendapatkan popularitas yang tinggi, terutama di negara-negara Asia karena keunggulannya dibandingkan dengan telur ayam. Beberapa Keunggulan telor bebek yang membuat harganya jauh lebih mahal dibandingkan telor ayam karena kandungan protein, Folat, Vitamin B 12, tinggi asam lemak Omega-3

Ada banyak faktor yang membedakan telur bebek dengan telur ayam.

Pada artikel kali ini, Serambinews.com mengutip dari Boldsky, akan membahas mengapa telur bebek bisa menjadi alternatif yang lebih baik dari telur ayam.

Keunggulan Telor Bebek Dibandingkan Telor Ayam

1. Lebih Besar Dalam ukuran

Perbedaan mendasar antara telor bebek dan telur ayam adalah bahwa telur ayam memiliki kira-kira 50 persen lebih besar dari ukuran rata-rata telor bebek.

Telur bebek juga dapat dibedakan secara visual dari telor ayam karena warnanya yang kekuningan, hijau, abu-abu pucat, biru dan hitam.

2. Lebih Lembut Rasanya

Keragaman protein bertanggung jawab atas sifat berbusa dan pembentuk gel pada telor bebek.

Ovalbumin, protein dalam telur itik menunjukkan aksi penghambatan yang lebih tinggi terhadap bahan tambahan makanan yang ditambahkan dalam industri makanan untuk memperbaiki sifat tekstur telur.

Ovalbumin ini bertanggung jawab atas rasa telur bebek yang lebih kaya dan lebih lembut.

3. Lebih Banyak Protein

Albumen bebek mengandung lima jenis protein utama: Ovalbumin (40%), ovomucoid (10%), ovotransferrin (2%), ovomucin (3%) dan lysozyme (1,2%).

Dibandingkan dengan telur unggas lainnya, telur bebek memiliki konsentrasi protein yang tinggi, sehingga dianggap bergizi dibandingkan telur ayam.

4. Lebih Kaya Folat

Telor bebek mengandung 80 mikrogram folat sedangkan telur ayam mengandung 47 mikrogram per 100 g.Kandungan folat atau vitamin B9 yang tinggi dalam telur bebek bagus untuk menurunan risiko komplikasi kehamilan, penyakit jantung, dan kanker.

5. Tinggi Vitamin B12

Telur bebek memiliki persentase kuning telur yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam atau unggas lainnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat lebih banyak vitamin B12 dalam kuning telur dibandingkan dengan putih telur.

Karena ukuran kuning telur bebek lebih besar, dapat disimpulkan bahwa vitamin B12 lebih banyak terdapat pada telur bebek dibandingkan dengan telur ayam yang kuning telurnya lebih kecil.

6. Tinggi Asam Lemak Omega-3

Kuning telur adalah sumber asam lemak esensial seperti asam linoleat.

Telur bebek mengandung kuning telur yang lebih besar daripada telur ayam dan karenanya, lebih banyak asam lemak omega-3.

Nutrisi ini baik untuk jantung dan dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan asam lemak harian.

7. Baik untuk Memanggang

Albumin telur adalah bahan utama dalam produk roti seperti kue, kue kering.

Telur bebek memiliki sifat berbusa yang sangat baik karena proteinnya.

Protein membentuk film kental dan memiliki tingkat penyerapan yang cepat selama pemanggangan.

Selain itu, busa telur bebek memiliki stabilitas yang lebih tinggi dan kandungan nutrisinya tidak terpengaruh oleh suhu tinggi (seperti saat memanggang). Ini membuat telur bebek cocok untuk keperluan pemanggangan.

8. Butuh Perawatan Lebih Rendah

Pasar menuntut telur berkualitas tinggi dengan sifat fisik yang lebih baik.

Telur bebek memiliki kulit telur yang kuat, kemampuan tinggi untuk menahan guncangan, stabilitas tinggi, ukuran besar dan variasi corak.

Kulit telur bebek yang kuat mencegah sebagian besar kerusakan sementara stabilitas proteinnya terhadap suhu kamar meningkatkan umur simpan. Itu sebabnya telur bebek membutuhkan perawatan yang lebih rendah dan mudah ditangani.

9. Alternatif Terbaik untuk Penderita Alergi

Alergi makanan akibat konsumsi telur biasa terjadi pada manusia.

Ovomucoid adalah protein alergen makanan utama yang terdapat pada putih telur baik telurnya yaitu telur bebek dan telur ayam.

Jika seseorang alergi terhadap ovomucoid telur ayam, telur bebek bisa menjadi alternatif terbaik atau sebaliknya.

10. Memiliki Lebih Banyak Efek Antibakteri

Putih telur memberikan perlindungan terhadap banyak bakteri yang menyerang yang dapat mengganggu perkembangan embrio.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa putih telur bebek memiliki aktivitas antimikroba yang lebih tinggi terhadap Salmonella dibandingkan telur ayam.

11. Lebih Stabil Selama Penyimpanan

Ovalbumin pada telur itik merupakan protein yang paling dominan.

Menurut sebuah penelitian, suhu penyimpanan tidak berpengaruh besar terhadap pola protein telur itik yang disimpan selama 15 hari dibandingkan dengan telur ayam.

Hal ini menunjukkan bahwa albumin pada telur itik tidak terlalu terpengaruh bila disimpan pada suhu ruangan untuk penyimpanan yang lama.