Hard disk Eksternal Terbaik – Hard disk adalah komponen yang sangat penting untuk komputer atau laptop karena fungsi dari hard disk ini adalah untuk menyimpan file file yang terdapat di komputer atau laptop anda. Namun mungkin kalian sering mengalami penuhnya hard disk anda, dan ada haruus memutar otak file – file apa yang harus anda hapus. Namun jika anda tidak ingin menghapus file file anda tersebut, anda dapat menambahkan memory pada hard disk anda tersebut. Namun penggantian hard disk komputer/laptop ini tidak semudah yang anda pikirkan, anda harus ke tempat service komputer untuk mengganti hard disk yang terdapat di dalam komputer anda. Dari pada anda harus mengganti hard disk yang terdapat di dalam komputer atau laptop anda, lebih baik anda menggunakan opsi ke 2 yaitu menggunakan hard disk eksternal. Lalu apa itu hard disk eksternal, mari cek dibawah ini

Apa itu Hard disk Eksternal

Hard disk eksternal ini sama seperti layaknya hard disk internal yang terdapat pada komputer atau laptop anda yang memiliki fungsi penyimpan file juga, bentuknya pun sekilas memiliki kemiripan sama sama memiliki bentuk persegi. Kapasitas yang disediakan oleh hard disk eksternal pun sama sama memiliki kapasitas yang besar dimulai dari puluhan GB sampai saturan Terra Byte, dengan hard disk eksternal kamu dapat menyimpan file apa saja karena kapasitas dari hard disk eksternal ini yang cukup besar. Anda dapat penyimpan film, game, video, foto atau yang lainnya.

Namun anda juga harus mempertimbangkan hard disk eksternal seperti apa yang sesuai untuk kamu, karena dalam memilih hard disk eksternal ini tidak bisa asal membelinya saja, ada hal hal yang memang harus kalian perhatikan karena mengingat harga hard disk eksternal ini yang cukup mahal dibandingkan kalian membeli flash disk atau memory disk. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan seperti: kapasitas, jenis drive, kecepatan transfer, ketahanan, keamanan, kompatibilitas, dan fitur tambahan lainnya, berikut penejelasannya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Pada Hardisk Komputer

Hard disk Eksternal Hal Yang Harus Kalian Perhatikan

Kapasitas, Jenis Drive, dan Kecepatan Transfer

Jika kalian berpikir kalau bahwa kapasitas hard disk ekesternal yang besar adalah hard disk eksternal yang bagus karena dapat menyimpan banyak file, ya anda memang tidak sepenuhnnya sama. Tetapi masalah penyimpanan ini adalah masalah efesiensi buat apa anda memiliki kapasitas hard disk eksternal yang sangat besar tetapi memiliki kecepatan transfer yang sangat lambat ? itu sama saja akan menguras waktu dan efesiensi dana anda.

Namun jika memang kalian tidak memasalahkan waktu dalam mentrasnfer data ya oke oke saja jika kalian lebih memilih Hard disk eksternal dengan kapastisas yang besar namun kecepatannya lambat. Contoh saja kalian mempunyai uang 500rb dan ingin membeli hard disk eksternal, disini anda akan dilema dengan beberapa pilihan anda menginginkan kecepatan atau kapasitas memory yang lebih banyak karena dengan uang 500rb kalian bisa mendapatkan hard disk eksternal 2TB dengan usb 2.0 atau hard disk eksternal 1tb dengan usb 3.0.

Jika kalian lebih mementingkan masalah waktu kalian dapat mengambil hard disk dengan usb 3.0 tetapi jika kalian hanya ingin sekedar menyimpan data saja, hard disk dengan usb 2.0 pun sudah cukup kok. Balik lagi ke efesiensian kalian jika kalian sedang bekerja dengan pacuan waktu yang cepat saya sarankan anda mengambil hard disk eksternal dengan usb 3.0 yang memiliki kecepatan transfer ratusan mb/detik.

Ketahanan, dan Keamanan

Ukuran pada hard disk memang sangat bervariatif tetapi untuk sekarang ukuran hard disk sudah termasuk kecil kok hanya memiliki ukuran 2,5inch tetapi jika kalian ingin menghemat dana dengan membeli hard disk internal yang dipasang konektor sehingga bisa digunakan sebagai hard disk eksternal ya bisa saja, namun ukuran dan keamanan dari hard disk tesebut cukup riskan, biasanya memiliki ukuran 3,5inch dan tidak tahan pada getaran

Getaran pada hard disk harus kalian perhatikan karena jika terjadi getaran yang tidak wajar pada hard disk anda, bisa aja hard disk anda mengalami bad sector bahkan hard disk anda bisa tidak dipakai sama sekali lagi. Jadi saya sarankan untuk membeli merk hard disk yang memiliki build quality yang bagus memang banyak sekali hard disk yang jual dengan harga sangat murah tetapi memiliki ketahanan pada getaran yang sangat sedikit, jadi lebih baik anda tidak membelinya.

Kompatibilitas dan Fitur Tambahan

Ada beberapa kendala tentang kompatibilitas yang terjadi pada hard disk umunya hal ini terjadi pada sistem operasi Mac Os namum tidak akan terjadi pada sistem operasi Windows, namun hard disk dengan sistem operasi windows sangat umum tersebar di pasaran, beda dengan yang terjadi pada sistem operasi Mac Os. Hal ini benar benar harus kalian perhatikan karena hard disk eksternal yang bisa dipakai di komputer Windows mungkin tak kompatibel dengan sistem operasi MacOs atau Linux, Begitu pun sebaliknya.

Hal ini terjadi karena setiap OS mempunyai format yang berbeda – beda, jika kalian hard disk yang kalian pakai tidak kompatibel maka bisa kami pastikan hardsik anda tidak dapat dibaca sama sekali. Selain masalah kompatibilitas yang terjadi pada sistem operasi ada hal lain yang harus kalian perhatikan. Seperti port usb C, port Thunderbolt, hingga hard disk yang bisa terhubung dengan jaringan WiFi/Bluetooth.

Nah jika kalian sudah membaca tentang penjelasan kami diatas, kami akan memberikan beberapa rekomendasi hard disk eksternal terbaik simak dibawah ini.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Check Bad Sector Pada Harddisk

Hard disk Eksternal Terbaik

Memang SSD eksternal mungkin lebih cepat, lebih efisien, dan sangat kuat dengan guncangan. Namun, tidak ada yang mengalahkan nilai HDD, terutama jika Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan dengan harga lebih murah. berikut list hard disk eksternal terbaik :

1. Seagate Backup Plus Ultra Touch

hard disk eksternal terbaik

Seagate dari dahulu sangat dikenali secara baik oleh pengguna sebagai salah satu produsen penyimpanan yang andal, dan hal itu berlaku untuk masalah eksternal penyimpanan. Dari demikian beberapa pilihan luar biasa yang dihidangkan oleh produsen asal dari Amerika ini, seri Backup Plus Ultra Touch 2TB pasti sebagai jalan keluar yang tepat.

Hard disk dari Seagate ini memiliki kompatibel dengan semua sistem operasi Windows dan Mac dan juga kompatibel dengan USB – C  dan USB 3.0, hard disk ini juga menyertakan fitur lain seperti perlindungan sandi berenkripsi AES-256.

Dilihat dari namanya produk ini memang dibuat agar penggunanya bisa melakukan pencadangan file – file penting yang mereka miliki. Kapastias hard disk yang dikeluarkan oleh Seagate ini pun memiliki dua opsi yaitu 1TB dan 2TB, tidak hanya itu tampilan dari hard disk ini pun cukup menarik jika kalian lihat.

2. WD My Passport Ultra

hard disk eksternal terbaik

WD My Passport selalu mengalami penyempurnaan dari segi desain yan semakin tipis. Terhitung My Passport terbaru yang telah alami desain ulang sampai lebih convenient, nyaman untuk dibawa-bawa. Hard disk ini memiliki fitrus itur program WD Backup. Fitur ini dapat digerakkan secara otomatis disetarakan dengan jadwal yang kamu seusaikan. Kamu hanya perlu tentukan waktu dan frekuensi untuk mem-back up jenis file penting dalam HD ke perangkat lunak punyai WD.
WD My Passport dikasih dengan port USB 3.2 Gen 1 untuk digunakan sebagai media transfer data. Dan hanya itu yang dapat dipakai. Sayang memang, karena tidak ada USB type C di perangkat ini. yang mana hal tersebut sudah jamak ditemui pada notebook angkatan terbaru. Kapastitas yang dipersiapkan cukup bervariatif yaitu 1TB sampai 5TB.

3. Toshiba Canvio Basic

hard disk eksternal terbaik

hard disk ini datang dengan design yang sederhana tetapi menawan, piranti ini mempunyai permukaan dengan skema bertitik chic. Kedatangan skema ini akan memperhitungkan piranti melorot dari pegangan kamu. hard disk portabel Canvio Basic garapan Toshiba ini diberi dengan kemampuan sejumlah 1 TB, 2 TB dan 3TB. Dengan kemampuan sebesar itu, hard disk ini siap menjadi perpustakaan digital kamu, baik untuk penyimpanan file Office, photo, atau untuk video favorite kamu.
Untuk menulis dan membaca data, Canvio Basic diberi dengan tehnologi USB 3.0. Tehnologi itu di-claim sanggup membuat hard disk portabel ini lakukan data transfer secara cepat, yakni dengan kecepatan sampai 5 GB/s. Walau begitu, piranti ini masih cocok dengan USB 2.0.

4. DashDrive Durable HD710

hard disk eksternal terbaik

DashDrive Durable HD710 Pro ini lulus sertifikat IP68, kamu bisa bebas melancong dengan bawa hard disk ini tak perlu takut di tengah-tengah jalan diguyur hujan atau dalam situasi keadaan ekstrim. Misalkan seperti saat mendaki gunung, menelusuri rimba, atau mengeksploitasi laut.

Ada dengan beragam opsi warna dan kemampuan sampai 5 TB, Adata HD710 Pro tiba dengan interface USB 3.1 yang cocok dengan USB 2.0 (Windows, Mac, Linux). Untuk memperoleh produk hard disk external kece ini, kamu harus mempersiapkan uang sekitaran Rp 800 ribu (untuk 1 TB) sampai Rp 3 juta-an (untuk 5 TB).

5. Seagate Expansion (1TB – 5TB)

hard disk eksternal terbaik

Seagate seakan tidak jemu-bosannya mendatangkan media penyimpanan berkualitas, tercermin pada hard disk external yang ini. Design bodynya yang menawan membuat kelihatan sophisticated dan eksklusif. Cukup nikmat dibawa kemanapun karena ukuran ramping (14,8 x 80 x 117 mm).

Dia datang dengan 5 variasi kemampuan yang dapat diputuskan sama sesuai keperluan, di antara 1 TB sampai 5 TB. Sambungan USB 3.0 yang disematnya sanggup mentransfer data secara cepat. Tertarik memiliki? Harga sekitar di antara Rp 1 juta-an sampai Rp 2,5 juta-an.

Baca Juga: Penyebab Motherboard Rusak, Cek Disini Untuk Cara Mengatasinya

Penutup

Nah sekian review dari kami soal hard disk eksternal terbaik, semoga setelah membaca artikel ini kalian jadi tau hard disk mana yang akan kalian pilih. Jika artikel ini membantu kalian jangan lupa untuk meninggalkan komentar dan share ke sosial media kalian yaa