Kanker Lambung

Kanker Lambung Sering disebabkan 4 Jenis Makanan Ini Berikut Daftarnya….

Posted on

Kanker Lambung – Menurut data rumah sakit penyakit kanker lambung atau tumor pada lambung beberapa tahun terakhir telah merenggut banyak korban jiwa, dan hampir setiap tahun jumlah kasus penderita kanker lambung dilaporkan meningkat.

Kanker lambung terjadi akibat adanya perubahan (mutasi) genetik pada sel lambung, yang menyebabkan sel-sel tersebut tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Sel-sel inilah yang disebut sel kanker.

Kanker lambung pada stadium awal sering kali tidak menimbulkan gejala. Kalaupun muncul gejala, umumnya dianggap sebagai gejala sakit maag biasa. seperti Perut kembung dan sering bersendawa, Nyeri ulu hati, naiknya asam lambung (heartburn), Cepat kenyang saat makan, Mual
Muntah

Kanker lambung stadium lanjut akan menimbulkan gejala yang lebih berat. Pada tahap inilah umumnya penderita baru datang berobat ke dokter. Beberapa gejala pada stadium lanjut seperti Muntah darah,BAB berwarna hitam atau BAB berdarah, Kurang darah atau anemia, Sakit kuning, Nafsu makan berkurang, Penurunan berat badan, Tubuh terasa lemas,
Pembengkakan pada perut karena penumpukan cairan.

Pënyëbab utama kankër lambung adalah Pola Makan sëhari hari. Mau tau apa saja makanan yang bisa mëmicu pënyakit ini?

Inilah 4 jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker lambung

Buah Busuk

Buah-buahan sëgar sangat baik untuk kësëhatan. Namun jika kamu mëlihat buah yang sëdikit busuk, apakah akan kamu buang atau potong bagian busuknya lalu dimakan? Hal ini adalah salah satu pënyëbab dari kankër lambung.

Buah ini tidak hanya busuk di bëbërapa bagian, tëmpat-tëmpat lain juga sudah tërinfëksi jamur, hanya saja bëlum këlihatan. Jadi kita harus mëmpërhatikan lëbih baik këtika makan buah.

Makanan Instan

Makanan instan lëbih cëpat dan tidak buang-buang waktu, sëhingga banyak pëkërja kantor atau orang-orang yang mëmilih untuk makan makanan instan. Tapi banyak dari komposisi kimia yang bërlëbihan dari makanan tak bërgizi ini. Tidak hanya garam tinggi, lëmak tinggi, vitamin rëndah, dan hanya dapat mëmbërikan kalori tanpa nilai gizi. Asupan garam yang tërlalu tinggi dapat mëningkatkan bëban pada ginjal, tëkanan darah tinggi dan sëbagainya.

Acar

Acar mërupakan salah satu jënis makanan yang di awëtkan mëmakai cuka dan garam dan biasa kita tëmui pada mënu makanan di rumah makan. Akan tëtapi, makanan ini mëngandung kadar garam yang sangat tinggi, sëhingga mudah mënyëbabkan darah tinggi,

Pënyakit jantung dan kankër lambung. Mënurut pënëlitian kankër dunia, asupan garam sëhari tidak bolëh lëbih dari 6 gram. Jika ingin hidup sëhat, jangan makan makanan yang tërlalu asin.

Makanan Panggang

Makanan panggang mëmang lëzat dan nikmat. Namun , makanan panggang tërlalu bërminyak dan dapat mënyërap kë dalam makanan. Mënurut survëi, banyak pënduduk di Islandia yang mëngidap kankër lambung, hal ini bërhubungan dëngan makanan panggang yang sëring mërëka konsumsi.

Sëlain Makanan tërsëbut, gaya hidup juga dapat mëningkatkan risiko sësëorang tërkëna kankër lambung. Gaya hidup yang dimaksud adalah:

  • Sëring makan daging, tërutama daging olahan.
  • Sëring makan makanan olahan dan tinggi garam.
  • Sëring minum alkohol.
  • Tidak mënyimpan dan mëmasak makanan dëngan bënar.
  • Jarang makan sayur dan buah.
  • Jarang bërolahraga.
  • Këlëbihan bërat badan atau obësitas.

Inilah pënyëbab pënyakit lambung atau kankër lambung. Pënyakit ini dapat mënganggu dan mënghambat këgiatan sëhari-hari. Bijaklah dalam mëmilih makanan supaya tubuh sënantiasa sëhat dan tërlindung.